Memanfaatkan Waktu Secara Berkualitas

Mengikuti kegiatan PPG di bali selama kurang lebih 4,5 bulan aku telah mencoba menggunakan waktu secara berkualitas. Sejak 15 Juli 2019 ku injakkan kaki di pulau ini memang untuk tujuan-tujuan penting. Memang telah ku niatkan bahwa aku akan mengisinya dengan banyak berbuat daripada berbicara.

Di luar kegiatan PPG, ku awali aktivitas dengan mengunjungi Pura Tanah Lot. Untuk mengingatkan diri bahwa hidup ini harus di isi dengan perjuangan dan kerja keras. Pura Tanah Lot, tanah yang keras itu akan menjadi starting point untuk melihat bahwa ketika kita bekerja keras maka kehidupan akan โ€œmelunakโ€.

Setelah itu, upaya mengisi diri ku awali dengan mengikuti kelas Bahasa sansekerta dalam program Samskrtam Sambhasana Sibhiram selama 10 hari berturut-turut dan ku tutup dengan persembahan kecil pada perayaan Samkrta Sandhya.

Selain mengisi diri, juga ku lakukan upaya berbagi dengan berlatih yoga bersama sabahat-sahabat guru agama Hindu dari berbagai daerah. Mengenal mereka sungguh sebuah karma baik. Dan kesempatan lainnya juga adalah mengajar Yoga di SLB Negeri 1 Denpasar. Bertemu mereka juga menjadi sebuah value tersendiri.

Selain mengisi diri dan berbagi, juga ku ikuti upaya pembersihan diri dengan melukat bersama teman-teman di Pancoran Solas. Dan di kesempatan lain juga bertirta yatra ke Pura Besakih bersama guru-guru SMP dan melukat di Rumah Dayu Bhagini di Nongan Karangasem

Kelas Bhagavadgita juga tidak ketinggalan, bersama ibu Surpi Aryadharma.

Masih pula menyempatkan diri mengikuti langkah kaki Pak Donder dengan ikut pada acara open mic Dharma. Dan di daulat menjadi juri dadakan. Di lnjutman dengan rekaman video tentang teologi untuk WORLD HINDU PARISHAD.

Kegiatan lain lagi, ku ikuti kelas Satsang bersama Bhagavan Jaya, dimana aku mendapatkan pengetahuan tentang cara melafalkan mantra dengan benar. Juga berkesempatan mengunjungi griya beliau di Batuan-Gianyar. Begitu banyak energi positif yang ku terima.

Di akhir perjalanan panjang selama di Bali. Aku dedikasikan waktuku untuk mengambil langkah penting dengan mengikuti sertifikasi Yoga. Tidak tanggung-tanggung, ku jalani sertifikasi untuk 3 level.

Hari itu, kamis 31 oktober 2019 hingga 1 november 2019, memulai mula Tapa. Langkah awal sertifikasi yoga ini. Aku mendapat 5 kelompok asanas yoga. Yaitu Suryanamaskara, Chandranamaskara, Surya Daryam, Surya Kartalam dan Nadvityam Surya. Seluruh asanas ini di lakukan pengulangan sebanyak 10 putaran.

Pertemuan kedua pada sabtu-minggu, 9-10 november 2019, selain mengulang latihan 5 jenis kelompok asanas itu, aku juga mendapat tambahan 3 jenis yoga kelompok chandra yaitu yoga Chandra Kirana, Chandra Lomawati dan Chandra Kumari. Ini juga di latih sebanyak 10 putaran. Jadi total terdapat 8 jenis kelompok asanas.

Dan pertemuan terakhir sebelum ujian untuk sertifikasi yoga di lakukan, aku datang sendiri dan berlatih di bawah pengawasan pelatih selama kurang lebih 7 jam. Dengan melatih 4 kelompok asanas surya dan 4 kelompok asanas chandra. Sehingga hari itu telah aku jalani 1.160 asanas.

Tiba saatnya untuk ujian, 1.160 asanas ini tak dapat di tawar. Pada Rabu, 27 november 2019, aku ikuti ujian. Pada level 1 aku selesaikan 311 asanas. Level 2 aku selesaikan 360 asanas dan di level 3 aku selesaikan 510 asanas. Sehingga total asanas yang aku selesaikan untuk mencapai 3 level adalah 1.181 Asanas. Sungguh angka yang unik. Karena jika di jumlahkan angka ini menjadi 11.

Setelah menyelesaikan seluruh studi itu, akan aku tutup dengan puja di Pura Lempuyang Luhur. Semoga terwujud ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ™

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s