Rumahku, Ashramku

Setiap orang menginginkan menjadi ratu dan raja di rumahnya. Maksudnya, dalam pengertian sang pengatur Rumah tangga. Tanggung jawab setiap bagian dr anggota keluarga di rumah itu, mesti memahami dan melaksanakan kewajibannya masih2 dan saling menghargai satu sama lain. Contoh saya perihal makanan yg harus di sajikan di meja makan setiap harinya.
Aku sebagai istri maupun ibu bagi anakku, aku memiliki prinsip yang kuat agar anak dan suamiku tdk suka jajan diluar. Namun demikian tidak berarti aku mengusahakan agar anak dan suamiku selalu berselera makan di rumah dg masakan yg disiapkan di rumah. Pengaturannya adalah makanan yang disiapkan di rumah adalah makanan vegetarian. Sangat tdk disarankan masak daging. Seingat aku, sejak awal menikah, aku memang tdk pernah memasak daging merah. Biasanya hanya ayam atau ikan. Itupun dlm waktu yang sangat jarang. Aku memang menyiapkan daftar menu di buku dan aku pajang di dapur, sehingga bude yg membantuku sudah mengetahui pada hari ini atau esok akan masak apa. Awalnya ayam di makan hanya sekali seminggu, yaitu pada hari Rabu. Minggu berikutnya menu di ganti lagi, ikan hanya dimakan pada hari sabtu, minggu berikutnya, tanpa ayam dan ikan. Sepanjang minggu kita akan makan dengan makanan vegetarian. Selain itu, memang masakan dimasak dg cara sederhana, tdk terlalu banyak bumbu dan juga tdk pedas.
Semua itu aku lakukan utk menjaga perilaku dan kebiasaan agar tdk memiliki kebiasaan yang buruk. Sebab, segala pikiran2 kita datang dari apa yang kita makan, lalu pikiran2 kita akan menentukan kata2 kita dan kata2 akan menentukan perilaku. Perilaku kita akan menjadi kebiasaan2 dan kebiasaan2 kita akan menjadi sifat. Lalu sifat kita akan menentukan masa depan kita.
Mengapa rumahku adalah ashram bagiku. Karena prinsip2 hidup di dalam ashram (padepokan) mulai di terapkan secara perlahan2. Hal ini adalah sesuatu keniscayaan akan menghasilkan sesuatu yg baik pula.

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s