Perayaan Saraswati

Hari suci Saraswati jatuh pada Saniscara Kliwon wuku Watugunung. di peringati sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan, hari turunnya Weda. demikianlah setidaknya masyarakat umum memahami hari Saraswati. peringatan ini dilaksanakan setiap 210 hari sekali. 

hari saraswati kali ini, sabtu, 2 mei 2015 juga bertepatan dengan hari pendidikan nasional. dimana pada intinya adalah peringatan yang sama yaitu pendidikan, pengetahuan, kebijaksanaan…

selamat hari saraswati bagi seluruh umat hindu nusantara dan selamat hari pendidikan nasional kepada seluruh masyarakat indonesia. semoga masyarakat indonesia bebas buta huruf, berpengatahuan, mengembangkan seni, berpendidikan, berkesadaran, dan tentu semangat menjalankan ahimsa dan satya atau kejujuran. 

sebagaimana kejujuran atau satya dan ahimsa menjadi landasan dalam kehidupan sehari-hari. demikian pula pengetahuan mesti di tempuh melalui landasan kejujuran dan ahimsa

pendidikan atau proses memperoleh pengetahuan di eropa (mewakili barat) di mulai dari luar atau melalui telaah fakta2 dan apa yang terlihat oleh panca indra kemudian diteruskan ke “dalam” di cari makna2nya sehingga pengetahuan di harapkan mampu melembutkan jiwa2 individu. 

tidak demikian di timur, katakanlah di nusantara ini, para leluhur telah memberikan contoh2 proses pengetahuan itu, di mulai dari “dalam”. artinya pengetahuan di fokuskan pada ranah dalam atau menyetuh rasa dan nurani lalu kemudian “keluar”. sebab apa yang terekspresi di luar diri merupakan cerminan di dalam diri. keindahan yang terlihat di luar diri merupakan cerminan keindahan di dalam diri. 

pada perayaan saraswati ini. kita berupaya menggali dan menemukan apa yang ada di “dalam” melalui pemujaan Tri Shakti yaitu Dewi Saraswati, Dewi Laksmi dan Dewi Parwati. pada hari ini sampai esok banyupinaruh, kita memuja Dewi Saraswati, pada senin dan selasa someribek dan sabuh mas, kita memuja Dewi Laksmi dan pada hari rabu, pagerwesi kita memuja Dewi Parwati. tiga kekuatan, tiga ibu semesta, dan tiga energi memberi anugrahnya pada perayaan selama 5 hari ini.

selamat hari Saraswati… semoga kedamaian hati, keteduhan, kebenaran, kesucian dan keindahan, satyam, sivam dan sundaram meliputi hari2 kita semua.

svaha

om Shanti, shanti, shanti Om

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di Pasraman Widya Bhuana. Tandai permalink.