Yoga dan Meditasi Untuk menghadapi masalah dan tantangan Hidup

sejak beberapa hari lalu saya sudah meniatkan diri akan menulis tentang pengalaman ini. tetapi belum kesampaian

hari ini, saya sedang terbaring lemah secara fisik tetapi semangat saya masih sama seperti kemaren. 

kemarin hujan turun sepanjang hari, suasana adem dan enak buat tidur. lalu sayapun tidur 2 jam di siang hari. sesuatu yang tidak biasa saya lakukan. alhasil malam harinya saya tidak bisa tidur. saya pun mengambil buku yang baru saya beli yaitu Dvipantara Yoga Sastra. bacaan asik dan saya sangat menyukai gaya bahasanya yang pas dan mudah dipahami. saya membaca hingga larut malam. (kapan-kapan akan saya share pemahaman saya tentang buku luar biasa itu. terimakasih Bapak AK) melewati tengah malam dan saya juga belum mengantuk. mengingat besok saya akan masuk kerja saya pun tidur menjelang dini hari. 

seperti biasa sayapun bangun pagi2 dan akan melakukan morning puja Brahma muhurta. ketika saya beranjak bangun tiba2 kepala saya pusing berputar putar. di tambah dengan muntah2 yang banyak. sampai 2 jam kemudian saya baru bisa membuka mata namun badan masih lemas dan bergetar. saya meraih handphone dan mengabari teman2 kerja bahwa saya tidak bisa bekerja.

saya tidur sepanjang jam pagi sampai siang. kemudian saya teringat dengan yeguran seorang sahabat, praktisi yoga dan meditasi kok sakit. bagaimana itu? 

pertanyaan atau pernyataan itu dilontarkannya beberapa kali hingga masuk kebawah sadar saya. sayapun merenung. apakah saya tidak boleh sakit setelah melakukan yoga dan meditasi? apakah yoga dan meditasi membuat seseorang bebas dari masalah, tekanan, penyakit dan tidak butuh dokter? 

inilah sebuah pandangan yang keliru. 

Yoga dan meditasi membantu seseorang untuk mampu menghadapi segala masalah, tantangan dan penyakit. badan fisik kita ini diikat oleh hukum alam. adalah alamiah selama berbadan manusia kita akan mengalami sakit. adalah manusiawi dalam hidup kita menemukan masalah. hidup menjadi bermakna ketika kita menemukan tantangan. hidup bukan sesuatu yang datar… 

cara pandang, pengetahuan dan kebijaksanaanlah yang menentukan bagaimana kita merespon suatu masalah, tantangan dan penyakit. apakah kita memilih untuk mengeluh, mengaduh aduh atau justru tenang dan bahagia. 

yoga dan meditasi mengajarkan hal ini. membawa seseorang pada inner power. meski badan lemah. semangat dan keceriaan selalu ada. tidak pergi. 

inilah yang menjadi pengalaman hari ini. serta menjawab berbagai pertanyaan di atas. saya mengalaminya. badan saya perlu rehat. perlu tambahan suplemen. perlu istirahat. tapi pikiran saya tidak kacau. tidak jelimet. mungkin ini baru pengalaman yang belum apa2 bagi praktisi seperti saya. tetapi setidaknya saya merasa sangat terbantu oleh yoga dan meditasi. saya menerima manfaatnya. 

terimakasih…

yogas citta vriti nirodha

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s