Tentang Kemarahan

setiap orang memiliki kemarahan di dalam dirinya, tentu dengan kualitas yang berbeda. tentang hal ini saya membaca dalam buku Intisari Bhagavad Gita oleh Bhagavan Sri Satya Saibaba. Beliau menguraikan tentang kemarahan dengan bahasa yang mudah dipahami, sejuk dan menyejukkan.

Bhagavan menjelaskan 4 jenis kemarahan : kemarahan seseorang yang bersifat satwik hanya berlangsung beberapa saat, lalu segera reda. menurut Bhagavad Gita orang seperti itu berjiwa besar. jenis kedua adalah orang yang amarahnya berlangsung beberapa menit dan cepat reda. jenis ketiga adalah orang yang marahnya sepanjang hari. jenis yang paling rendah adalah orang yang marahnya berlangsung seumur hidup.

Guru agung Bhagavad Gita telah mengajarkan hal ini dengan cara lain. kemarahan orang yang baik ibarat menulis diatas air, sama sekali tidak berbekas. kemarahan orang jenis kedua seperti menulis diatas pasir, suatu waktu tulisan itu akan terhapus. kemarahan orang jenis ketiga seperti menulis diatas batu. dalam jangka waktu lama tulisan itupun akan terkikis. akan tetapi kemarahan orang jenis ke empat seperti menulis pada lempengan baja, tulisan itu tidak akan hilang kecuali jika baja tersebut dicairkan dan di cetak kembali. hanya bila baja itu dimasukkan kedalam api, maka tulisan pada logam itu akan lenyap. hanya melalui proses perubahan yang keras kita dapat merubahnya.

hal – hal yang ada sangkut pautnya dengan kehidupan sehari – haru dapat ditemukan dalam Bhagavad Gita. tidak mungkin engkau dapat mengambil seluruh ajaran yang terdapat dalam Bhagavad Gita dan mengamalkannya. namun engkau dapat mengambil ajaran – ajaran yang langsung dapat diterapkan dalam hidupmu sekarang dan mengamalkannya sehingga engkau dapat memperoleh manfaat langsung dari ajaran – ajaran itu dan dengan demikian maju menuju tujuan spiritualmu.

#Satya, Dharma, Santhi, Prema dan Ahimsa

Love all, serve All

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s