Vande Mataram

Vande mataram

Happy Independent Day Indonesia

Selamat Hari kemerdekaan yang Ke 71, Dirgahayu indonesia jaya, semoga indonesia mencapai kejayaan, Kemakmuran dan sentosa

Kata Merdeka diambil dari bahasa sansekerta yaitu kata Mahardika yang artinya, kekayaan, kemakmuran, kebebasan. 
Masih dalam suasana 17 agustus, banyak agenda atau kegiatan perayaan dilakukan seperti Upacara Bendera kenegaraan, berbagai lomba – lomba tradisional khas indonesia seperti panjat pinang, bakiak dan lain sebagainya. hampir seluruh masyarakat ikut memeriahkan Hari ulang tahun kemerdekaan kita. semuanya dalam suasana semangat dan bergembira. tidak sedikit juga umat beragama melakukan ibadah seperti ibadah syukur oleh umat kristiani dan juga persembahyangan Purnama yang kita lakukan ini, dimana HUT RI kita bertepatan dengan Purnama Karo dan Bude cemeng warigadian.

pertanyaannya, apakah kita telah benar-benar merdeka? 

Ya, memang benar Para leluhur kita, founding fathers kita telah membebaskan bangsa ini dari penjajahan fisik selama kurang lebih 350 tahun. tetapi perjuangan mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya justru baru dimulai. 

adalah tugas berat kita menjadi generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan, memerdekakan bangsa ini dari penjajahan ekonomi, penjajahan budaya dan penjajahan narkotika. karena itu, kemerdekaan ini mesti diisi dengan kerja Nyata. sebagaimana slogan pemerintah. 
untuk menghadapi berbagai persoalan bangsa ini, diperlukan generasi atau sumber daya manusia yang beradab. Pendidikan adalah wahana yang digunakan untuk mencapai tujuan akhir yaitu manusia yang beradab. muatan dari pendidikan itu adalah budaya, sehingga budaya itulah yang harus diterjemahkan ke dalam bahasa pendidikan dan disampaikan ke sekolah-sekolah. budaya untuk membangun karakter-karakter yang jujur, peduli, dan Cinta tanah air. 
masih segar dalam ingatan kita bagaimana seorang siswa kini mengeroyok guru, orang tua memukuli guru dan lain sebagainya adalah contoh bahwa kita mesti berbenah dalam hal pendidikan. ada yang salah dengan pendidikan kita, ada yang salah dari cara kita mendidik, ada yang keliru dari cara kita memahami manusia
mengutip apa yang pernah disampaikan Sang Budha, bahwa Tiada manusia yang terlahir bodoh, semua jiwa bercahaya dan luhur adanya, hanya saja mereka tidak menyadarinya, yang perlu dilakukan adalah menyadarkannya. upaya-upaya mencapai kesadaran inilah yang mesti diupayakan dalam pendidikan

apa yang kita nikmati, apa yang kita lakukan, kebijaksanaan dan kecemerlangan kita bukanlah hasil dari kerja semalam melainkan hasil dari sekian masa kehidupan. 
sebagaimana besi dibentuk oleh besi lainnya, demikian juga manusia diasah oleh sesamanya agar hidup secara bersama dalam harmoni. 
mengutip pesan dari Bapak Anies Baswedan, bahwa bangsa ini didirikan oleh anak muda, didirikan oleh kaum terdidik. 
anak muda yang terdidik dibesarkan oleh orang tua yang hebat, karena itu di hari kemerdekaan ini kita sedang merayakan orang tua yang mendidik anaknya menjadi anak-anak yang berkarya untuk negeri. 

sebagai orang tua yang hebat, mari kita didik anak-anak dengan kebiasaan yang baik. ada beberapa kebiasaan yang baik yang mesti diajarkan di rumah yaitu : 

(1) Yoga/meditasi untuk meningkatkan intelegensia

(2) bernyanyi untuk membudayakan emosi

 (3) bercerita berguna untuk membantu menyerap apa yang disampaikan

(4) bermain peran untuk membangun kebijaksanaan

(5) aktivitas bersama ayah dn ibu untuk membangun kemampuan bekerja dalam tim
sudahkah kita mempraktekkan 5 kebiasaan itu? mari kita lakukan untuk kebaikan kita sendiri, untuk kebaikan masyarakat serta bangsa dan negara

Salam Rahayu 🙏🙏🙏

#biglovefamily

#LoveIndonesia

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s