Doership

naiva kiñcit karomīti yukto manyeta tattvavit, 

paśyañ śrnvan sprśañ jigrann aśnan gacchan svapan śvasan

“Ia tekun menjalani Yoga, berkarya Tanpa pamrih, hendaknya memahami kebenaran diri dan dalam keadaan apapun – selagi melihat, mendengar, menyentuh atau mencium sesuatu; bahkan saat makan, berjalan, tidur dan bernafas -selalu mengingat, ‘aku tidak berbuat sesuatu'”
Rasa Kepemilikan atau possessiveness, dan keterikatan muncul dari doership, rasa “melakukan.”

(Bhagavad Gita, 5.8)

DOERSHIP, BERARTI “AKU” MELAKUKAN – Kemudian, karena “aku” melakukan, maka muncullah keterikatan dengan hasil dari pekerjaan-“ku”. Muncul Rasa kepemilikan terhadap benda-benda, harta-kekayaan yang semuanya “ku”-peroleh karena kerja-keras”ku”, jerih payah”ku”

Ketika badan, indra, gugusan pikiran serta perasaan, intelegensia, dan sebagainya berkomplot, bersama-sama mengaku sebagai doer, yang berbuat, pelaku – maka, bersama-sama pula mereka mengikat diri dengan dunia benda, dengan hasil dari pekerjaan mereka. 

Padahal, Materi sebagai hasil dari perbuatan-“ku” senantiasa berubah, senantiasa berpindah tangan. tidak langgeng, tidak abadi. Maka segala kenikmatan yang kita peroleh darinya tidak abadi pula. Apa yang masih ada di dalam genggaman kita saat ini, sesaat lagi akan berada digenggaman orang lain. inilah yang menyebabkan suka-duka. 

Untuk membebaskan diri dari dualitas suka-duka; saat ini senang, sesaat lagi gelisah; untuk meraih kebahagiaan sejati – kita mesti mencabut rasa doership dari akar-akarnya. Aku bukan pelaku. Sebab itu, apapun hasil dari laku yang “terjadi” lewat badan ini, bukan pula milikku. 

Aku adalah Jiwa, Percikan Jiwa Agung. Alam Benda adalah penjabaran dari kekuasaan-Nya. semuanya milik Dia, Dia dan hanya Dia. 

Dikutip dari Buku Bhagavad Gita Karya Bapak Anand Krishna halaman 220

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s