Hidup Sehat ala Ayur Veda

Ayur Veda adalah cabang dari kitab upaveda yang merupakan bagian dari kitab Smrti. Upaveda terdiri dari 7 kitab diantaranya: Itihasa, Purana, Ayur Veda, Artha Sastra, Gandharwa Veda, Kama Sastra dan kitab agama.

Ayur veda adalah ibu kandung dari pengetahuan Yoga. Mempelajari yoga secara filosofis dapat ditemukan pada kitab Bhagavad gita ataupun pada kitab-kitab Upanisad. Dan mempelajari yoga ala praktik seperti asanas, kita akan merujuk pada 4 kitab utama yang muncul pada abad ke-15. Keempat kitab Hatha Yoga itu diantaranya Hatha Yoga Pradipika oleh Yogi Swatmarama adalah yang paling terkenal. Teks kedua hatha yoga yang disusun oleh Yogi Gorakhnath dikenal sebagai Goraksha Samhita. Teks ketiga adalah Gherand Samhita oleh Gherand, dan teks keempat yang dikenal sebagai Hatharatnavali yang ditulis oleh Srinivasabhatta Mahayogindra.

Ayur Veda adalah ilmu pengetahuan kesehatan yang paling kuno dalam peradaban masyarakat hindu india. Kitab ini memuat berbagai hal tentang ilmu “kedokteran Veda”.

Setiap dari kita tentu ingin hidup sehat, karena kesehatan adalah kekayaan, kedamaian pikiran adalah kebahagiaan dan yoga menunjukkan jalannya. Inilah mengapa yoga adalah “putra” dari ayur veda. Dengan tubuh sehat kita dapat mempraktikkan Yoga dan sebaliknya dengan mempraktikkan yoga, kita memperoleh kesehatan “luar dalam”.

Bagaimana kita hidup mengikuti petunjuk Ayur Veda? Berikut ulasannya:

1. Memahami time manajemen alam semesta, dimana menurut ayur Veda terdapat 3 Bio Energi yang bekerja pada alam semesta. Ketiga Bio energi tersebut adalah Vata, Vitta dan Kappa. Vata adalah elemen angin. Vitta adalah elemen api dan kappa adalah alemen air.

Elemen vata meningkat atau dominan pada pagi hari. Untuk itu, bagunlah sebelum matahari terbit sehingga mendapatkan badan yang ringan dan fit. Sifat dari lemen ini adalah aktif, sehingga perlu di counter dengan rutinitas atau kegiatan – kegiatan yang sifatnya calm.

2. Mengatur pola hidup sehat dengan rutinitas sebagai berikut:

    Setelah bangun tidur, minumlah segelas air hangat yang ditambah dengan perasan lemon, bubuk kunyit organic, dan lada hitam. Kunyit bubuk baru bekerja secara optimal jika dicampur dengan lada hitam. Minuman ini membantu mendetoks pencernaan, mencegah peradangan pada saluran pencernaan.
    Cucilah wajah atau lakukanlah mandi setengah.
    Mengerik lidah dengan alat kerik lidah. Kebiasaan ini akan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mulut, menstimuli semua organ dalam, mengatasi bau mulut, membersihkan lidah dari toksin dan kuman, meningkatkan kualitas pencecapan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
    Menggosok gigi dengan teknik yang benar dan kemudian BAB
    Lakukan 10-15 menit yoga asanas, suryanamaskara ataupun berjalan pagi kemudian lakukan olah nafas dan meditasi (10-21 menit) hal ini untuk mind manajemen.
    Lakukan Self masages dengan minyak untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, gunakan kain katun untuk menggosok badan, sambil berkumur dengan minyak VCO.
    Mandi dan sarapan ringan dengan buah, atau jus secukupnya.

Seluruh aktivitas rutin ini dilakukan oleh setiap orang. Namun penting sekali dilakukan oleh ibu-ibu untuk memberi contoh kepada putra putrinya gaya hidup sehat ala ayur veda.

Matur suksme

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s