PASRAMAN KILAT SISWA HINDU SMA VIDATRA 2020

Pendidikan karakter bagi siswa di lakukan dengan berbagai metode dan pendekatan. Salah satu metode yang biasa di lakukan adalah dengan penanaman kebiasaan secara terus menerus. Selain itu, Ada juga metode dengan membuat kegiatan “singkat/kilat” dalam jangka waktu tertentu dengan mengambil pola beberapa hari. Kegiatan ini berupa mengumpulkan siswa dan diberikan materi2 dan praktik-praktik tertentu.

Memanfaatkan hari libur sabtu dan minggu, 25-26 Januari 2020, kami dari Rohani Hindu SMA YPVDP Bontang menyelenggarakan kegiatan pasraman Kilat khusus siswa kelas X. Kegiatan ini seharusnya di laksanakan pada jeda semester 1 yang lalu. Namun karena berbagai hal maka kegiatan di laksanakan pada bulan januari 2020.

Kegiatan ini mengambil Tema “Tatra Sthitau yatno’bhyasah” yang artinya Abhyasa atau upaya secara terus menerus membutuhkan kerja keras dan ketetapan hati. Tema ini di maksudkan agar para siswa membiasakan diri dalam praktik-praktik Sadhana dimana praktik-praktik itu membutuhkan kerjakeras dan ketetapan hati. Tidak musiman, bukan sesaat dan sementara. Laku Sadhana seperti membaca Sloka Bhagavad Gita, meditasi, atau berjapa mesti di biasakan. Abhyasa.

Kegitan ini juga melibatkan partisipasi Orang tua siswa dengan menyiapkan snack untuk putra putrinya. Mereka juga membawa perlengkapan dan peralatan sarhana seperti Pakaian sembahyang warna putih, Pakaian olah raga, Buku bhagavad gita, Buku gita chalisa, Janur, Pisau, Semat, Bunga, Dupa, Snack Dan Alat tulis.

Dokumentasi Literasi. Guru dan siswa membaca keutamaan Bhagavad Gita dalam Padma Purana, setelah di baca kemudian siswa di minta untuk menceritakan ulang.

Berlatih bercakap-cakap dalam bahasa Samkrtam

Praktik Membuat ketupat sari dan ceper sebagai alas ketupat

Kegitan ini mengambil pola 16 JP, dengan materi-materi yng mengandung unsur Tattva, Etika dan Susila. Materi tersebut berupa yoga asanas, Japa, meditasi, membaca sloka Bhagavad Gita. Literasi di berikan membaca cerita dari Padma Purana, yang dilanjutkan story telling cerita yang di baca. Juga di berikan pembelajaran Bahasa Samkrtam dan Palawakya, praktik membuat ketupat dan canang sari.

Kegiatan ini di pusatkan di Pura Bhuana Agung Bontang, tepatnya di gedung Pasraman Widya Buana Kota Bontang.

Semoga kegiatan ini memberi mereka pengalaman berharga sebagai bekal hidup di era revolusi industri 4.0

Salam Rahayu

Diterbitkan oleh Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: