REFLEKSI INQUIRI APRESIATIF

Inquiri Apresiatif atau IA adalah sebuah manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis pada kekuatan. Kata kunci dari IA adalah Kolaboratif dan Apresiatif. 

Dalam IA juga dikembangkan Model BAGJA yang artinya Bahagia. BAGJA merupakan akronim dari Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan rencana, dan Atur Eksekusi. 

IA digunakan untuk mewujudkan keberpihakan pada murid. Keberpihakan pada murid ini harus di mulai dari diri CGP, kemudian menuangkan kekuatan internal dirinya menjadi sebuat Visi. Visi yang saya susun sebagai guru Penggerak adalah mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila dapat membantu bangs aini mengentaskan 3 Dosa Pendidikan, diantaranya intoleransi, Kekerasan seksual dan Bullying. fokus visi saya adalah mengembangkan karakter baik, dengan kolaborasi dan apresiasi sebagaimana di tekankan dalam inquiri apresiatif ini. 

Pembelajaran inquiri apresiatif ini sangat berkesan bagi saya, karena metode ini mengajarkan kepada saya, bagaimana kita berfokus pada hal-hal baik, bukan sebaliknya. berfokus pada kekuatan dan bukan pada kelemahan. Berfokus pada karya dan bukan pada masalah. 

Paradigma lama yang ada di institusi Pendidikan biasanya mencari masalah dan menyelesaikan masalah. sementara paradigma baru di bangun dengan melihat kelebihan, kekuatan, apresiasi karya-karya akan memberikan gerakan baru dalam mewujudkan perubahan kea rah yang lebih baik. sama halnya Ketika kita hanya melihat masalah, kita lupa mengapresiasi apa yang sudah kita capai. 

Diterbitkan oleh Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: