My Enemy

Beberapa hari terakhir aku lebih sering merenung, lebih sering berbicara pada diri sendiri, lebih sering bertanya pada diri sendiri, ternyata ada ribuan pertanyaan yang belum dijawab oleh sang hati. jika pikiran selalu memiliki jawaban atas seluruh pertanyaan, tapi tidak demikian dengan hati. pikiran selalu naif untuk jujur tapi hati tak pernah keliru. jika hati mulai keliru maka kita pasti kehilangan langkah dan berada dalam kegelapan. kegelapan muncul dari rasa takut yang berlebihan.

ada sebuah kalimat yang muncul dari diri sendiri”my enemy is my self”

musuhku adalah diriku sendiri, musuh tidak berada jauh dari diriku, semua ada di dalam diri. Irihati, cemburu, penghakiman, penghianatan dan berbagai sifat buruk datang dari diriku sendiri, semua itu bermuara pada 1 kata yaitu rasa takut. takut orang lain lebih sukses dari diriku maka aku irihati, takut orang lain lebih beruntung dari diriku maka aku akan cemburu, takut orang lain melihat kelemahanku maka aku menghakimi. ohhh, inilah badan manusia. badan yang penuh dengan berkah sekaligus bahaya. pengaburan pandangan terhadap diri sendiri akan menutupi suara hati.

ketakutan membatasi ruang gerakku, ketakutan akan kegelapan, ketakutan akan kelemahan, ketakutan akan ketidakmampuan, ketakutan akan kematian. ternyata masalahku hanya ada pada rasa takut. pengungkapan ini juga merupakan cermin ketakutan. namun ketakutan adalah ciri hidup. kita ada disini, di dunia ini juga disebabkan oleh rasa takut.

kejujuran mengakui rasa takut ini awalnya juga penuh dengan ketakutan, takut mengakui diri memiliki musuh di dalam diri. musuh tidak datang dari luar, musuh datang dari dalam. apa yang ada di luar adalah cermin dari apa yang ada di dalam.

pada akhirnya, pencarian harus dilakukan ke dalam dan bukan keluar diri.

With Love

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s