PERNAFASAN YANG BENAR

1. Pernafasan perut

Pernafasan ini dilakukan seperti anak bayi, begitu menarik nafas, perut kembung ke luar, begitu membuang nafas, perut mengempis kembali masuk ke dalam. Kita dapat melakukan ini sesering mungkin. 

2. Pernafasan dada

Sewaktu menarik nafas, dada melebar dan sewaktu membuang nafas, dada ciut kembali

3. Pernafasan pundak

Sewaktu menarik nafas, pundak naik ke atas, dan sewaktu membuang nafas, pundak turun kembali

4. Pernafasan sempurna

Pernafasan ini disebut juga pernafasan kombinasi dari cara cara 1-3. Tarik nafas, perut kembung, dada melebar dan pundak naik ke atas. Buang nafas, perut mengempis kembali, dada ciut dan pundak turun. 

Manfaat: 

Pernafasan semacam ini akan terasa manfaatnya apabila kita mempraktekkannya secara rutin. Untuk satu sesi ( 1-4) diulangi 9 kali. Kita dapat melakukan 2 sesi setiap hari. Kegiatan ini harus dilakukan dengan mata tertutup, sehingga manfaatnya lebih terasa. 

Dengan bernafas seperti ini, kita akan menyebarkan energi segar ke setiap bagian tubuh dan dapat menghindari berbagai macam penyakit. Serta memperkuat daya tahan tubuh. 

Mereka yang ingin menyusutkan perut, biasanya dianjurkan untuk bernafas terbalik (bernafas yang salah) . Sewaktu menarik nafas, justru dianjurkan untuk memasukkan perut ke dalam. Penyusutan perut memang dapat terjadi, namun efek sampingannya, sangat membahayakan kesehatan secara keseluruhan. Setelah mencapai usia 40an tahun, apabila kita sudah terbiasa dengan cara bernafas terbalik demikian, tidak jarang kita akan mengalami gangguan – gangguan serius pada organ- organ tubuh sekitar perut. Khususnya hati, pankreas, ginjal dan lambung . Cara bernafas yang salah ini juga akan mempercepat proses menopause pada wanita dan menyebabkan berbagai macam gangguan lainnya seperti haid yang tidak teratur, sembelit, pengapuran dll

Disadur dari buku Seni Memberdaya Diri 1, Anand Krishna, Gramedia pustaka utama, 2006

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di Bhadra Yoga Sanstha, Materi Pelajaran, Pendidikan agama Hindu. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s