Gayatri Mantra / Savitri Mantra

Om gam ganapatha ye namaha
Om bhur bhuavah svah
Tat savitur varenyam
Bhargo devasya dhimahi
Dhyoyo nah praco dayat

Pendahuluan
Gayatri Mantra sangat populer di kalangan umat Hindu. Gayatri di dilafalkan setiap melaksanakan tri sandhya, pajgi, siang dan sore/malam. Gayatri juga di lafalkan di setiap kesempatan, dan di segala kondisi. Karenanya Gayatri sangat aplicable. Minimal kita telah melafalkannya 1 kali setiap harinya. Dari anak anak sampai orang dewasa. Bahkan disemua kalangan. Karena itu gayatri di sebut juga Samanya Mantra.  Sehingga saya sangat ingin menulis tentang gayatri.
Gayatri adalah Veda matta. Ibu dari seluruh mantra Veda. Nah, jika kita telah melafalkan gayatri, lalu bagaimana carakerja gayatri dalam hidup kita?

Mengenal Gayatri
Gayatri bersumber dari mantra Reg Veda yang di terima melalui Rsi Visvamitra (sahabat bagi dunia / ia yang mengasihi setiap mahkluk)
Sebagaimana madu adalah saripati bunga, dan mentega adalah saripati susu, demikian pula gayatri adalah saripati Veda -segala pengetahuan. Bagi mereka yang menghayatinya, gayatri bagaikan Kamadhenu, sapi suci legendaris yang memenuhi segala keinginan. Air suci gangga membersihkan raga dari segala macam dosa yang dibuatoleh raga. Gayatri membersihkan jiwa manusia. Pemujaan tanpa gayatri ibarat meninggalkan hidangan lezat nan mewah di rumah sendiri. Dan meminta minta dijalanan seperti seorang pengemis. Gayatri adalah sarana tercanggih untuk meningkatkan spiritual dan meraih keberhasilan dalam segala kegiatan yang baik dan terpuji. Untuk itu, tiada sesuatu yang melebihi gayatri.

Sejarah
ada banyak versi tentang sejarah kemunculan gayatri.
1. Versi Purana
Dalam versi purana disebutkan bahwa rsi visvamitra sebelumnya adalah seorang raja bernama vishvavara. Yang berburu ke hutan dan sampai di ashram Rsi Vasistha. Dan setelah mendapatkan jamuan makan, ia mengambil sapi kaamadhenu milik Rsi Vasistha. Dan kemudian sapi yang telah sampai dikerajaannya justru mengamuk dan menyeret vishvavara kembali ke ashram Vasistha. Dan setelah mendapat pengampunan vishvavara menjadi murid Rsi Vasistha dan diberi nama vishvamitra dan bertapa serta melepaskan kerajaannya dan kemudian mendapat sabda Gayatri.
2. Versi penelitian K.M. Munshi seorang budayawan, sejarawan, filosof sekaligus ahli hukum dan founding father india yang diuraikan dalam karyanya berjudul Bhagawan Parasuram tahun 1959.
Dalam penelitian ini terungkap beberapa nama tokoh yang “terlibat” dalam “penemuan” gayatri ini. Tokoh tokoh itu diantaranya Rsi Agastya, Vasistha, Bharadwaja, Lopamudra, raja sambara, Vishvaratha dan ugra. Pada tahun 8000 SM, Rsi vishvamitra bernama raja vishvaratha. Raja vishvarata melepaskan seluruh kerajaannya demi cintanya pada seorang wanita bernama ugra. Ugra adalah putri sambara dari kelompok daasyu (kelompok yang dianggap lebih rendah dari kelompok arya, pimpinan raja vishvarata. Demi mempertahankan cinta sejati mereka dan menghadapi keadaan yang sulit, vishvarata dan ugra menjadi cemas. Kecemasan karena keselamatan umat manusia akan terancam akibat akan adanya perang besar dan berkepanjangan antara arya dan daasyu. Kemudian vishvarata memanjatkan doa agar membebaskan mereka dari rasa cemas tersebut. Dalam doa itulah lahir Gayatri. Setelah melepaskan kerajaannya vishvarata pergi bertapa dan menjadi Rsi bergelar Vishvamitra.

Cara Kerja Gayatri
Om
adalah sound, great password. Yabg digunakan untuk “mengakses” energi alam semesta.
Bhoor bhuvah svah
Adalah bahasa getaran, formula, code, ucapan agung atau mahaavyaharitee. Bhoor bhuvah svah ibarat alat ultra modern dimana software dan hardware menyatu
Ada banyak interpretasi dari gayatri. Kalo cari di internet, ada 100 interpretasi dari guru besar seluruh dunia. Tapi disini akan di kutip 3 interpretasi dari 3 guru besar yang saya kagumi.
Swami Vivekananda 1863 -1902
Kami bermeditasi pada kemuliaan Dia, yang telah menciptakan jagad raya, semoga pikiran kami di cerahkan Oleh-Nya
Swami Dayananda 1824 – 1883
O Tuhan pemberi kehidupan, hyang membebaskan diri kita dari segala macam penderitaan dan duka, pemberi kebahagiaan, pencipta alam semesta, Engkau adalah Hyang maha bersinar dan patut disembah, penghapus dosa, kami bermeditasi padamu, semoga Engkau menginspirasi, mencerahkan dan memandu intelek kami pada jalur yabg benar
S. Radhakrishnan 1888-1975
Kami bermeditasi pada sinar kemuliaan cahaya ilahi. Semoga ia mengilhami pemahaman kami.

Dari ketiga interpretasi tersebut, ketiga tiganya benar. Ketiganya mirip dan bicara tentang pikiran, perasaan dan intelegensi. Tidak bicara soal fisik, mantra ini bicara tentang energi.

Gayatri adalah pemandu jiwa
Tat savitur varenyam bhargo devasya dhimahi dhyoyo nah praco dayat

Gayatri terdiri dari 24 huruf
Tat-tapini: keberhasilan
Sa-saphalataa : keberanian
Vi-visshwaa : ketekunan
Tur-tushti : kesejahteraan
Va- varadaa : penyatuan
Re-revati: kasih
Ni- suksma : kekayaan
Yam-jnana : kilauan kesadaran diri
Bhar-bharga: perlundungan
Go-gomati : kebijaksanaan
De-devika: penaklukan
Va-varahi : kesetiaan
Sya-simhani: kebulatan tekad
Dhee-dhyaana : kemampuan untuk bertahan
Ma-maryaadaa: pengendalian diri
Hi-sphuta: kemampuan untuk berkorban dan menghadapi tantangan
Dhi-medha: kemampuan untuk melihat kedepan
Yo-yogamaya: kewaspadaan
Yo-yogini: kemampuan untuk berbuat yang terbaik
Nah-dhaarini: kelembutan, kehangatan
Pra-prabhava: idealisme
Cho-ushma: semangat petualangan
Da-drishya : kemampuan memilah
(y)aat-niranjana : pelayanan

Cobalah ucapkan salah satu dari aksara tersebut sebanyak 100.008 kali, dan anda akan memperoleh apa yang dijanjikan oleh aksara tersebut.

Namun sebaiknya kita tidak terjebak pada hasil recehan tersebut, lakoni gayatri, maka getaran aksara yang di hasilkan akan menyentuh setiap elemen dasar dari tubuh kita, seperti elemen air, api, udara, tanah (padat) dan ruang. Demikian gayatri bekerja pada setiap sel dari tubuh. Sekalipun gayatri bicara tentang energi tapi gayatri tidak menafikkan fisik. Gayatri bekerja di balik fisik yang menyebabkan adanya fisik.
Oleh karenanya sel sel di tubuh dapat mengalami perubahan karena berinteraksi dengan getaran2 yabg di sebabkan oleh gayatri.
Secara alami sel di tubuh kita berganti setiap 3 minggu sekali dan setelah 5 hingga 7 tahun, sel sel di tubuh kita berubah total. Perhatikanlah diri kita masing2 bukankah setiap 5 atau 7 tahun kita telah menjadi berbeda, dari balita e anak2 kemudian remaja dan dewasa.
Kembali ke gayatri
Dengan berinteraksi pada getaran gayatri kita telah membuat program bagi tubuh kita sendiri agar ia senada dengab gayatri

Mempraktekkan gayatri
Perhatikan cara pengucapan mantra ini karena setiap aksara mengeluarkan getaran2 tertentu yang berinteraksi dengan semesta dan kembali kepada kita dengan segala berkah.
Waktu untuk melafalkan gayatri dapat di lakukan pagi hari, siang hari, sore atau malam hari. Dan disarankan pada waktu yang sama. Dapat di lafalkan berulang, 1 kali, 3, 9, 21 ataupun 108 kali. Anda juga dapat melafalkan 3 kali sehari, 2 kali sehari ataupun 1 kali sehari.
Bersuara atau di dalam hati?
Jika kita sedang banyak pikiran, sulit berkonsentrasi, ucapkan gayatri dengan bersuara. Sehingga kita dapat mendengar suara kita sendiri. Namun jika kita sedang dalam keadaan lemas dan lelah karena kebisingan sepanjang hari, sibuk dan menyukai keheningan silahkan di ucapkan di dalam hati.
Demikian
Semoga bermanfaat. Selamat melakoni gayatri
Tulisan ini di buat untuk memperdalam pemahaman tentang gayatri. Dimana sepenuhnya disadur dari buku Cinta Yang Mencerahkan “gayatri sadhana” laku spiritual bagi orang modern, oleh Swami Anand Krishna. 2012. Saya hanya menambahkan beberapa kata disana sini untuk mempermudah pemahaman saya. Dan tentu pemahaman saya masih sangat dangkal. Tapi akan dijiwai oleh Tulisan Swami Anand Krishna.

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di Apresiasi Buku, Bhadra Yoga Sanstha, Materi Pelajaran, My Life Note, Pendidikan agama Hindu. Tandai permalink.