Tentang Cinta

Malam ini aku menulis lagi tentang Cinta

Bagiku cinta yang kupahami adalah rasa yang akan membuat seseorang menjadi bangkit. Menjadikan ia berbeda. Beberapa pengalaman sederhana misalnya, seseorang akan mandi lebih lama, berhias diri lebih lama, bersenandung, berbunga2, rasa senang yang meluap tak dapat di jelaskan. Beberapa orang menjadi demikian perhatian pada “diri”nya. Yang lain mungkin akan berupaya membuat sesuatu yang di sukai, beberapa mungkin memperbaiki dirinya menjadi anggun dalam kebiasaan, banyak hal deh dapat dilakukan sebagai akibat dari ekspresi rasa.
Yang mengangumkan yang saya amati adalah seseorang “mengubah” dirinya. Mengubah diri bukan berarti ia tak berkarakter atau tak menjadi diri sendiri, lalu meniru orang lain yang belum tentu cocok bagi dirinya sendiri. Tapi ia mengubah dirinya menjadi lebih baik, meninggalkan kebiasaan2 buruk. Karena kebaikan adalah sifat dasar setiap manusia. Nah kemampuan untuk mengubah diri menjadi baik juga adalah karena kekuatan rasa cinta itu. Nah kesadaran seperti ini yang mesti di pertahankan, agar hati tetap lembab. Tidak kering. Jangan menjadi kain yang hanya ketika terendam air saja ia basah. Namun ketika tidak dalam air. Kain segera mengering. Cinta yang demikian penuh dengar nafsu. Tak murni. Ia akan mengubah dirinya menjadi baik hanya ketika rasa itu masih ada dan terasa. Ketika hilang. Ia kembali pada kebiasaan2 buruk.
Renungkanlah…
Demikian tentang cinta.
Ada 3 jenis para pecinta. Katakanlah air adalah cinta.
Tipe 1 : seperti kain tadi
Tipe 2 : seperti batu
Tipe 3 : seperti garam

Tipe 1 sudah saya urai.
Tipe 2 bagaimana pun batu yang keras itu di dalam air, ia tetap begitu. Tak berubah. Bahkan di dalamnya kering. Karena air tak menyerap kedalam batu. Di butuhkan waktu yang lama untuk menghancurkan batu itu.
Tipe 3. Jika air dan garam bertemu. Kita tak menemukan lagi garamnya yang ada air asin..
Terimakasih….

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s