Renungan Diri: Ia Berada dalam Yesus, kok bisa dalam Yudas? Ia dalam Rama, juga Ravana?

AHIMSAA PARAMO DHARMAH

“Ahimsaa adalah alat yang kita gunakan untuk membangun dunia kita yang baru. Ini adalah alat yang digunakan Mahatma Gandhi, Khan Abdul Gaffar Khan, Martin Luther King, Jr., Nelson Mandela, Dalai Lama, dan yang lainnya.

“Namun Ahimsaa juga tidak berarti menjadi pengecut. ‘Tidak,’ kata Mahatma, ‘jika kau memilih Ahimsaa karena takut sama musuh, maka kau seorang pengecut. Kau harus memiliki kekuatan untuk membalas musuhmu, tetapi memilih untuk tidak membalasnya — itu baru Ahimsaa.’

Gita Kehidupan Sepasang Pejalan

buku Sai_Anand_Gita

Cover Buku Sai Anand Gita

“Ia berada di mana-mana. Ia meliputi seluruh alam semesta, and yet, Ia pun berada di dalam diri kita. Di dalam sanubari kita. Ia lebih kecil dari yang terkecil, dan lebih besar dari yang terbesar. Lebih dekat daripada urat lehermu, Walau Ia Maha Besar adanya.

 

SARVA-VYAAPI, MAHA ADA, MELIPUTI SEGALA,

“bersemayam dalam hati setiap makhluk. Ia menentukan setiap gerakan kita. Kemudian, jika dikehendaki-Nya, Ia pun dapat menghentikan gerakan sedahsyat apapun — sewaktu-waktu — kapan saja.

“Ia berada di dalam diriku, bersemayam di dalam sanubariku — hal ini mudah dicerna dan dipahami. Tetapi bahwasannya Ia pun berada dalam dirimu — agak sulit dicerna. Dan, menjadi sangat sulit untuk dipahami, jika kau bermusuhan denganku. Jika aku menganggapmu sebagai musuh, bagaimana mungkin?

“Tuhan berada di dalam diri seorang Yesus, baik. Tetapi, bagaimana Ia bisa berada di dalam diri seorang Yudas? Tuhan berada dalam diri Rama, tapi dalam diri…

Lihat pos aslinya 485 kata lagi

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di Apresiasi Buku. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s