Renungan #Gita: Keikaan, Oneness, Tiada Dia Lain Kecuali Dia, menurut Einstein dan Sri Krishna

Kalau Einstein memahami bahwa semua wujud materi pada hakikatnya adalah energi, maka Mpu Tantular mengatakan “Bhinneka Tunggal Ika”, “Appearing as many, essentially one”, nampaknya berbeda, esensinya satu jua.

Sri Krishna dalam Bhagavad Gita menyampaikan hal yang sama dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh awam.

Berikut adalah penjelasan Sri Krishna pada Bhagavad Gita 7:7

“Tiada sesuatu di luar-Ku, Dhananjaya (Arjuna, Penakluk Kebendaan). Seperti rangkaian manikam yang terbuat dari benang, dan terikat dengan benang itu sendiri — semuanya terikat pada-Ku, dengan-Ku.” Bhagavad Gita 7:7 (Krishna, Anand. (2014). Bhagavad Gita. Jakarta: Pusat Studi Veda dan Dharma)

<!–more–>

Gita Kehidupan Sepasang Pejalan

buku bhagavad einstein krishna

Einstein dan Sri Krishna

Einstein dengan rumus kekekalan energi E=MC2, menyatakan bahwa materi dalam fungsi kecepatan tertentu adalah energi. E=Energi, M=Massa, C2 fungsi kecepatan. Pemahaman ini telah membuka cakrawala baru. Setiap materi mempunyai wujud dan sifat tertentu akan tetapi esensinya adalah sama yaitu energi. Semua materi di dunia ini terdiri dari kombinasi elemen alami, dan elemen alami tersebut memiliki esensi sebagai energi. “Keikaan”, Oneness adalah rahasia dari segala sesuatu.

Dalam buku  (Krishna, Anand. (2006). Sexual Quotient, Melampaui Kamasutra Memasuki Tantra. One Earth Media) disampaikan bahwa……. “Energi dengan kepadatan yang paling dense, paling kasar, paling ‘padat’ adalah Tanah. Dalam ‘keluarga besar tanah’ pun sesungguhnya masih banyak anggota lain dengan kepadatan yang beragam. Energi dengan kepadatan yang kurang dense, disebut Air. Dengan berkurangnya kepadatan energi dalam bentuk Air pun lebih mudah menyebar. … Jiwa manusia pun persis sama. Makin ringan, tak terbebani, makin meluas, makin mudah menerima perbedaan. Api lebih cepat…

Lihat pos aslinya 537 kata lagi

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s