Kata I dan Ni

Orang Bali itu kalo cowok, nama depannya pakai I, misalnya I Wayan, I Made, I nyoman, I ketut. kalo cewek pakai NI. misalnya Ni Wayan, Ni made, ni nyoman. artinya apa ya? begitulah sahabat saya bertanya. apa iya hanya sekedar menunjukkan kepada jenis kelamin? berikut saya mencoba menguraikan. 

Kata I dan Ni adalah kata dalam bahasa sansekerta. I artinya yang “masuk ke dalam”. arti ini merujuk kepada Bentuk shiva lingga. yang masuk dan ada di dalam diri, yang adalah hati nurani. sehingga kalo cowok pakai I agar memiliki hati nurani, agar menumbuhkan welas asihnya. 
lalu kata Ni artinya “yang ada di bawah”, ini pun merujuk kepada Yoni yang berada di bawah Lingga, mengelilingi lingga, yang adalah simbol berkah, simbol anugrah. Demikian kedudukan wanita sangat dihormati, ia adalah simbol anugrah. jika seorang wanita menggunakan kata Ni di depannya, ia mesti hadir sebagai anugrah. inilah yang di sebut sebagai Luh Luwih.

Kata Ni juga berarti Guru, seorang Guru adalah seorang yang membawa anugrah bagi sekelilingnya. ibarat lilin yang menjadi penerang dalam kegelapan.

Kata Wayan, berasal dari bahasa sansekerta kepulauan yang berarti wayahan, yang paling tua, wayah, dewasa. anak pertama akan tampil intuk melatih kedewasaan kita, kedewaan kita. sifat2 baik, mengedepankan kebijaksanaan. demikian simbol anak pertama. Kata made dari bahasa sansekerta yaitu madya, di tengah, anak ke dua. sebagai anak kedua dia adalah simbol kenyamanan. comfort zone. jadi anak kedua selalu membuat kenyamanan dalam keluarga. tidak heran beberapa keluarga yang saya amati, orang tua lebih nyaman dengan anak kedua. hahahaha

kata nyoman juga berasal dari bahasa sansekerta kepulauan, noman, muda. selalu muda. jiva mesti memiliki semangat seperti orang muda. lincah dan gesit. anak ketiga akan selalu memberi semangat. 

Kata ketut disebutkan berasal dari kata Kitut, terakhir. ada juga yang menyebut berasal dari kata Lulut artinya cinta kasih, persembahan. hal ini dapat dinyatakan bahwa sesuatu yang hadir pada diri kita setelah tumbuh kedewasaan (wayan), rasa nyaman (made) dan semangat (nyoman) maka akan hadir cinta kasih (ketut). ketut adalah simbol cinta. apalah artinya cinta tanpa kedewasaan, tanpa kenyamanan dan tanpa semangat. karena itu sebagai penutup dari perjalanan kita adalah penemuan cinta kasih. menjadikan kehidupan sebagai persembahan. simbol Cinta. luar biasa ya nama ketut.

jadi i made, i nyoman, ni made, ni nyoman dan seterusnya adalah bahasa sansekerta yang memiliki arti yang sangat dalam. luar biasa sanathana Dharma

semoga bermanfaat. jika ada referensi yang bisa di tambahkan. silahkan ditambahkan di komentar. saya akan sangat senang belajar. Matur Suksme, Matur Thankyou, Terimakasih

__/\__

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s