Makna Doa/ucapan Panjang Umur

Memasuki hari pertama di usia ke 32 Tahun ini, saya mencoba merenungkan kata “panjang umur” dalam doa yang di sampaikan oleh banyak sahabat saya ketika berulang tahun. begitu juga saya sendiri sering menggunakan kata ini untuk sahabat saya yang sedang berulang Tahun. 
Panjang umur yaitu sebuah doa yang berarti umur atau usia seseorang yang didoakan itu akan menjadi panjang, kadang-kadang kata ini juga diganti dengan “Long Life”

jika direnungkan bahwa setiap orang yang lahir sudah membawa “paket” waktu kematiannya, apakah sebuah doa dapat mengubahnya menjadi lebih panjang? jawaban untuk pertanyaan ini bisa beberapa : 

pertama, Tentu bisa “berubah” lebih panjang usia hidup seseorang karena doa-doa yang dikirimkan, sebab kekuatan doa sangat dasyat. bahkan Sang Mahatma Gandhi mengatakan, “Doa dapat memindajkan sebuah gunung”. jika gunung saja bisa “pindah” karena kekuatan doa, sangat mudah Bagi yang Maha Kuasa untuk mengubah umur seseorang menjadi lebih panjang dari waktu yang telah ditentukan. 

Kedua, Panjang umur, “Umur” yang dimaksud disini tentu bukan “umur dari Badan” tetapi adalah “umur” dari kebaikkan yang telah dilakukan oleh seseorang. agar Kebaikannya itu “dirasakan lebih lama” manfaatnya oleh orang banyak. kebaikannya mengalir, berlipat ganda. sebagai contoh adalah Senyum, 

satu orang yang tersenyum, senyum itu akan menular, bisa banyak senyum yang bersambung, kebaikan dari tersenyum tidak pernah putus. 

contoh lain juga masih banyak. saya pernah menonton video “real” bahwa ketika seseorang membayarkan bensin full tank untuk orang dibelakangnya, maka orang juga akan melakukan hal yang sama kepada orang lain, seperti itulah, kebaikan mengalir terus. “kebaikan” secara alami memiliki “umur” yang panjang. 
Demikianlah renungan singkat ini. 

semoga kebaikan terus mengalir dan mengisi setiap langkah kita
Terimakasih untuk Doa Panjang “umurnya”
sarve bhavantu sukhinah

Semoga semua mahkluk berbahagia πŸ™
Selamat hari Rabu

Rahajeng Rahina Tilem πŸ™
03082016
bersama Wayan Sanbudinatha

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s