Kesempurnaan Diri dapat tercapai dengan Pengendalian Diri dan menyerahkan hasil perbuatan

Athaitad apy aśakto’si kartum mad-yogam āśritah

Sarva-Karma-phala-tyāgam tatah kuru yatātmavān

Bhagavad Gīta, 12.11

“Namun, jika itu pun tak mampu aku lakukan, maka dengan penuh devosi pada-Ku, kendalikanlah dirimu dan serahkan segala hasil perbuatanmu pada-Ku.”

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu; Saha vīryam karavāvahai; Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga Hyang Tunggal senantiasa melindungi kita; menjernihkan pikiran kita: semoga kita dapat berkarya bersama dengan penuh semangat; semoga apa yang kita pelajari mencerahkan dan tidak menyebabkan permusuhan; Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

Pikiran, Perasaan, Intelek, indra, semuanya memiliki agenda masing-masing. Indra membutuhkan kenikmatan sesaat dan tidak peduli apakah kenikmatan itu Baik bagi tubuh atau tidak.

Sebagai contoh: pola Makan yang Salah, tanpa memikirkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Demikian pula dengan Gugusan Pikiran dan Perasaan – memikirkan Hal-Hal yang tidak penting, Pikiran berjalan terus, sehingga muncullah rasa was-was, rasa khawatir, kecewa, takut, dan Sebagainya.

Anjuran Krsna untuk pengendalian diri, berarti mengendalikan semua komponen-diri. Kemudian, berkarya dan menghaturkan hasilnya kepada Sang Aku Sejati. Berarti tidak mengkhawatirkan hasil dari hasil perbuatan. Serahkan hasilnya kepada Hyang Maha Bijak. Biarlah Ia menentukan segalanya. Yakinlah kebijakan-Nya. Dengan cara itu pun, kita dapat mencapai kemanunggalan dengan-Nya. Dengan cara itu pun, kesempurnaan diri tercapai

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga semua makmur, bahagia dan bebas dari penyakit. Semoga semua mengalami peningkatan kesadaran, dan bebas dari penderitaan. Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

Bontang, 14122017-MA

Ditulis ulang dari Buku Bhagavad Gīta oleh AK Hal 583

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s