Kesempurnaan Diri dapat di capai dengan “Berkaryalah Untuk-Ku”

abhyāse’py asamartho’si mat-karma-paramo bhava

Mad-artham api karmāni kurvan siddhim avāpsyasi

Bhagavad Gita, 12.10

“Jika kau tidak dapat melakoni Yoga, maka berkaryalah untuk-Ku; Demikian dengan cara itu pun, kau dapat meraih kesempurnaan diri.”

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu; Saha vīryam karavāvahai; Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga Hyang Tunggal senantiasa melindungi kita; menjernihkan pikiran kita: semoga kita dapat berkarya bersama dengan penuh semangat; semoga apa yang kita pelajari mencerahkan dan tidak menyebabkan permusuhan; Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

“Krsna memberikan banyak pilihan” – barangkali Demikian kesimpulan kita. Ya, memang “tampak” banyak pilihan. Tetapi di balik semua pilihan-pilihan itu, tujuan-Nya hanyalah satu – yaitu pemusatan kesadaran pada “Aku”; pada “jiwa”; pada diri sendiri, yang adalah percikan dari “Aku Sejati”, dari “Sang Jiwa Agung”, dari Gusti Pangeran.

Apa pun yang kita lakukan, lewat jalan mana pun kita menuju-Nya – tujuan tidak pernah berubah. Tujuannya satu, Sama, tunggal – “Aku”!

Berkarya bagi-Nya, berkarya untuk-Nya – berarti berkarya Demi kepentingan semua mahkluk yang adalah percikan-Nya. Tidak berkarya demi kepentingan diri saja.

Berarti, Sebagai pengusaha, politisi, atau professional dalam bidang Apa pun – kita tidak mencari keuntungan dengan merugikan orang lain. Kejujuran dalam Hal berusaha; kebijaksanaan dalam Hal memimpin organisasi Apa saja, termasuk pemerintahan; berempati dalam Hal menjalankan professi kita masing-masing – dengan bekerja seperti ini pu, kita dapat mencapai kesempurnaan diri – Demikian janji Krsna.

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga semua makmur, bahagia dan bebas dari penyakit. Semoga semua mengalami peningkatan kesadaran, dan bebas dari penderitaan. Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

Bontang, 13122017-MA

Di tulis ulang Dari Buku Bhagavad Gita oleh AK Hal 582-583

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s