Ātma Viśuddhaye: Pembersihan Diri dengan Memusatkan Kesadaran pada “Diri”

Marilah kita berdoa sebelum membaca Bhagavad Gītā,

Oṁ Saha nāvavatu; saha nau bhunaktu; Saha vīryam karavāvahai; Tejasvi nāvadhītamastu; Mā vidviṣāvahai; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga Hyang Tunggal senantiasa melindungi kita; menjernihkan pikiran kita: semoga kita dapat berkarya bersama dengan penuh semangat; semoga apa yang kita pelajari mencerahkan dan tidak menyebabkan permusuhan; Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

tatraikāgram manah krtvā yata-cittendriya-kriyah

upaviśyāsane yuñjyād yogam ātma-viśuddhaye

Bhagavad Gītā, 6.12

“Demikian, duduk di tempat itu, dengan memusatkan seluruh Kesadaran pada suatu titik (= diri sendiri); mengendalikan gugusan pikiran serta Perasaan dan seluruh kegiatan indra, hendaknya seseorang mengupayakan Pembersihan (cleansing) diri lewat Yoga”.

Ātma-viśuddhaye, Cleansing atau Pembersihan diri dari segala macam kotoran- itulah inti dari seluruh praktek spiritual. Yoga tidak menambahkan sesuatu pada diri kita – sebagaimana proses Pembersihan emas yang Baru dikeluarkan dari tambang tidak menambahkan sesuatu pada Logam Mulia tersebut.

Proses Pembersihan hanyalah membersihkan emas dari segala macam kotoran yang melekat padanya. Diri Yang di bersihkan pun demikian.

Hasilnya adalah kilauan yang sesungguhnya sudah di milikinya pula. Kilauan itu, Baru muncul Sekarang Karena Ia sudah dibersihkan dari kotoran yang melekat padanya. Kotoran yang dimaksud ialah pikiran, Perasaan, keinginan, khayalan, obsesi, dan segala sesuatu yang bersifat liar dan membebani Jiwa.

Om, Sarve bhavantu sukhinaḥ; Sarve santu nirāmayāḥ; Sarve bhadrāṇi paśyantu; Mā kashchit duḥkha bhāgbhavet; Oṁ Shāntiḥ, Shāntiḥ, Shāntiḥ

(Semoga semua makmur, bahagia dan bebas dari penyakit. Semoga semua mengalami peningkatan kesadaran, dan bebas dari penderitaan. Damailah hatiku, damailah hatimu, damailah kita semua.)

Samarinda, 05/01/2018-MA

Di tulis ulang dari Buku Bhagavad Gītā oleh AK Hal 254

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s