GARIS BESAR HATHA YOGA PRADIPIKA

Kata yoga berasal dari bahasa Sansekerta. Terdapat banyak interpretasi atau makna dari kata yoga, diantaranya berarti “penyatuan” yaitu penyatuan antara Jivatma dan Paramatma (jiwa individu dan Jiwa Tertinggi). Definisi lain dari kata yoga adalah mencapai apa yang sebelumnya tidak dapat dicapai. Ilmu yang mengajarkan cara memperoleh pengetahuan ini disebut Yoga Sastra.

Dalam yoga sastra, terdapat dua kelompok mendasar ajaran Yoga yaitu pengetahuan filosofi yang dipelajari secara teoritis dan pengetahuan yang menggabungkan teori dengan praktik. Pengetahuan filosofi dapat dipahami melalui ajaran Veda terutama pada kitab Bhagavad Gita yang mengulas tentang berbagai bentuk yoga seperti Bhakti Yoga, Karma Yoga, Jnana Yoga dan Raja Yoga. Sedangkan pada pengetahuan yang menggabungkan teori dan praktik dikelompokkan ke dalam ajaran Hatha Yoga (Sinh, 2016).

Dalam literatur yoga, terdapat sejumlah teks yang dapat digunakan untuk mempelajari hatha yoga. Teks pertama Hatha Yoga Pradipika oleh Yogi Swatmarama adalah yang paling terkenal. Teks kedua hatha yoga yang disusun oleh Yogi Gorakhnath dikenal sebagai Goraksha Samhita. Teks ketiga adalah Gherand Samhita oleh Gherand. Selain itu ada teks keempat yang dikenal sebagai Hatharatnavali yang ditulis oleh Srinivasabhatta Mahayogindra. Semua teks-teks ini dianggap telah ditulis antara abad ke-6 dan 15 M (Muktibodhananda, 2013).

Hatha yoga pradipika adalah kitab yang sangat popular dengan jumlah sloka sebanyak 392. Keseluruhan sloka tersebut terbagi ke dalam empat bab, yang pertama disebut Prathamopadesah berjudul Asanas yang berisi 70 Sloka. Pada bab yang kedua disebut bagian dvitiyopadesah berjudul Prānāyāma berisi 78 sloka. Sedangkan pada bab yang ketiga disebut Tritiyopadesah yang berjudul Mudra dengan jumlah sloka sebanyak 130 Sloka dan pada bab yang keempat disebut Chaturthopadesah yang berjudul Samadhi dengan jumlah 114 sloka. Berikut ini disajikan tabel tentang isi dari kitab Hatha Yoga Pradipika (Sinh, 2016).

Selanjutnya dapat membaca Pengertian Hatha Yoga

Diterbitkan oleh Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: