Unik atau Nyeleneh?

Aku teringat semalam aku menghadiri sebuah acara penting. ada pemandangan menggelikan yang aku lihat. aku suka sesuatu yang unik, dan etnik. unik diartikan sebagai sesuatu/seseorang yang memiliki kekhasan yang berbeda dari yang lainnya. setiap orang ingin tampil beda. beda kemasan dan satu tujuan. yang menggelikan dari acara tersebut adalah busana yang digunakan. karena ini adalah acara yang bernuansa pakaian nasional, maka seharusnya pakaian yang digunakan adalah batik, kain, kebaya atau kombinasi ketiganya.

seseorang yang berpakaian “out of konteks” akan menjadi perhatian. nah disinilah pertanyaannya. apakah ia ingin tampak unik, lain dari yang lain? atau nyeleneh?

adalah hak setiap orang untuk menggunakan pakaian apa saja dan bagaimana ia menggunakannya. ini adalah hak yang tidak dapat dilanggar. aku menghargai itu.

Namun perlu direnungkan, negara ini, negara Indonesia dengan budaya nusantara yang adi luhur dan beragam, siapa yang harus melestarikannya? kita semua memikul tanggung jawab untuk melestarikannya. jika hanya pada saat saat tertentu saja kita menggunakan pakaian kebanggaan karya nusantara ini kita sudah memiliki keinginan untuk melestarikannya.

namun pemandangan “waktu itu” mengindikasikan bahwa kita kehilangan jati diri untuk menghargai budaya nusantara ini. kita meniru budaya negara lain. kita menggunakan gaun, atau seragam lain untuk acara2 yang bernuansa nasional.

beginikah generasi indonesia?

 

salam perjuangan! penjajah telah pergi, proklamasi telah dikumandangkan tapi kita belum bebas dan merdeka dari kebodohan…

 

 

Iklan

Tentang Ni Made Adnyani

Aku suka Menulis, aktifitas Mengajar dan Yoga
Pos ini dipublikasikan di My Life Note, Pendidikan agama Hindu. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s